Waterfrontpier70

Apa itu Konseling Gizi?

Apa itu Konseling Gizi

Konselor nutrisi, juga dikenal sebagai ahli diet, membantu pasien mengidentifikasi dan mengelola masalah terkait makanan dan nutrisi melalui strategi pengobatan jangka pendek dan jangka panjang. Konseling gizi umumnya diterapkan pada pasien yang mengalami gangguan neuromuskular atau muskuloskeletal, penyakit pencernaan, obesitas, diabetes, menopause, kehamilan, alergi, dan kondisi lainnya.

Dengan menganalisis dan menilai pola makan dan kebiasaan olahraga, nutrisi dipandang sebagai faktor kunci dalam membangun dan mempertahankan gaya hidup sehat. Tanpa nutrisi yang memadai, sejumlah besar penyakit dapat terjadi sebagian karena kerentanan ditempatkan pada tubuh. Konselor gizi bertujuan untuk menemukan cara terpadu untuk menetapkan tujuan dan membantu pasien mencapainya. Ketika konselor gizi menilai pasien, profil individu dianalisis. Informasi yang diterima pasien dari konselor bergantung pada gaya hidup mereka (vegetarianisme, misalnya), usia, tahap kehidupan (menopause, kehamilan), dan riwayat medis.

Konseling Gizi menggabungkan pemantauan berat badan dan pendidikan tentang berat badan, catatan makanan, strategi pengendalian diri, perencanaan makan, dan keterampilan memecahkan masalah. Instruksi perencanaan makanan dan pemantauan diri dipandang sebagai alat untuk membuat pasien mengikuti program tertentu.

Pekerjaan Ahli Diet

Ahli diet dan ahli gizi merencanakan program nutrisi, membantu mencegah dan mengobati penyakit dengan mempromosikan kebiasaan makan yang sehat sambil mengatasi ketidakseimbangan diet. Mereka atau agen slotdemo juga merekomendasikan perubahan pola makan tertentu agar sesuai dengan kondisi sementara seseorang. (Merekomendasikan folat ekstra untuk wanita hamil, misalnya.) Ahli diet sering bekerja di rumah sakit dan sekolah, menerapkan layanan mereka melalui pendidikan dan penelitian. Ahli diet klinis memberikan layanan nutrisi kepada pasien di institusi dengan menilai kebutuhan nutrisi pasien, mengembangkan dan merekomendasikan program nutrisi, dan mengevaluasi hasilnya dengan profesional lain untuk mengoordinasikan kebutuhan medis dan nutrisi. Ahli diet komunitas menasihati individu dan kelompok tentang praktik nutrisi yang bertujuan untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan. Mereka bekerja sebagai kontraktor independen dengan fasilitas kesehatan atau terlibat dalam praktik pribadi mereka sendiri, menyaring kebutuhan nutrisi klien dan menawarkan pendekatan yang diatur untuk memenuhinya.

Gangguan Makan

Gangguan Makan

American Dietetic Association (ADA) menetapkan pedoman dan protokol untuk praktik konseling gizi. Pada tahun 1996, ditetapkan pedoman untuk terapi nutrisi medis untuk banyak kondisi medis yang berkaitan dengan nutrisi, termasuk gangguan makan.

The American Psychiatric Association (APA) menganggap konseling gizi sebagai salah satu elemen perawatan yang paling penting untuk orang dengan gangguan makan. Konseling gizi dipandang untuk perannya dalam memotivasi pasien untuk setuju untuk membangun kembali kebiasaan makan yang sehat. Dalam konteks ini, konseling gizi dilihat secara holistik, dalam kaitannya dengan dukungan berkelanjutan kepada pasien dan keluarganya.

Konseling gizi dalam konteks ini mencoba untuk memperbaiki kebiasaan makan yang tidak teratur, menggantikannya dengan pendekatan yang seimbang terhadap makanan dan pengendalian berat badan. Ini memberikan sintesis informasi dan praktik, menggambar dari berbagai bidang termasuk teknik kognitif-perilaku, relasional, dan pendidikan. Ini dianggap sebagai bagian dari perawatan keseluruhan, bukan sebagai pendekatan sumber tunggal. Dengan demikian, ia menggunakan dukungan metode pengobatan lain, yang dapat mencakup obat-obatan psikotropika dan konseling psikologis.

Hubungan kolaboratif antara pasien dan konselor dianggap penting untuk keberhasilan pengobatan. Konselor membahas keyakinan, perilaku, dan sikap makanan yang mengakar seputar makanan, bagaimana, kapan, dan berapa banyak memakannya – menjadi persamaan yang kompleks. Lingkungan konseling harus aman, aman, dan mendukung, di mana pasien menerima informasi yang bermanfaat dari konselor secara langsung tetapi tidak mengganggu.

Bagaimana Konseling Gizi Dapat Membantu Kesehatan Secara Keseluruhan: Konseling dapat mengklarifikasi pertanyaan yang berkaitan dengan nutrisi, kalori, dan kebutuhan makanan khusus, menunjukkan apa yang harus dicari saat membaca label makanan. Mereka dapat membantu memilah-milah alternatif memasak yang sehat dalam konteks kehidupan nyata sambil mengajarkan strategi pengendalian diri. (Seseorang dapat belajar bagaimana memilih item dari menu restoran dengan lebih baik, misalnya.)

Masalah Pencernaan – Ahli diet atau ahli gizi bekerja sama dengan dokter untuk membuat rencana diet yang sesuai dengan kondisi pasien. Mereka mungkin merekomendasikan penghapusan makanan yang digoreng, rempah-rempah atau karbonasi, sambil merekomendasikan alternatif lain.

Diabetes – Konseling dapat memberikan alternatif makanan sehat tanpa mengorbankan rasa.

Info lainnya : Pertanyaan Yang Wajib Bisa Dijawab Pelatih Gizi

Kehamilan – Ini dapat membantu memastikan seorang wanita hamil mendapatkan semua nutrisi yang dia butuhkan, terutama selama tiga bulan pertama kehamilan, periode penting yang dapat mempengaruhi risiko bayi baru lahir untuk mengembangkan cacat tabung saraf atau sumsum tulang belakang.

Kondisi yang Dapat Manfaat dari Konseling Gizi HIV, Kanker, Hipertensi, Disfungsi Organ, Hipoglikemia, dan Penyakit Jantung.

Sebagian besar pusat gangguan makan dan program residensial menawarkan konseling gizi. Manfaat menerima konseling gizi termasuk peningkatan kemampuan untuk berkonsentrasi, sistem kekebalan yang ditingkatkan, suasana hati yang stabil, lebih banyak energi, bantuan dalam pemulihan gangguan makan, dan peningkatan kesehatan secara keseluruhan.

Call Now